Penulis / NIM
RAPI RAHMAN / 221410205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Rapi Rahman. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres
Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi
Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd Pembimbing II Asmun Wantu,
S.Pd, M.Sc
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato
Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran
Talking Stick? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan
Popayato Kabupaten Pohuwato.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SD Inpres Bukit
Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013.
Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 25 orang. Dalam penelitian ini yang
menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas V sebagai obyek tindakan
dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar
siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat
dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data :
data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang
situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data
hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang
refleksi diri diperoleh dari IPKM (Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki
ketuntasan belajar pada siklus 1 57.70% dan pada pertemuan ke 2 sebesar 91.30%.
Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran dengan Model Pembelajaran
Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pmebelajaran Talking Stick, Pembelajaran
PKn.
Download berkas