SKRIPSI

Penulis / NIM
RAPI RAHMAN / 221410205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Rapi Rahman. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd Pembimbing II Asmun Wantu, S.Pd, M.Sc Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 25 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas V sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri diperoleh dari IPKM (Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus 1 57.70% dan pada pertemuan ke 2 sebesar 91.30%. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pmebelajaran Talking Stick, Pembelajaran PKn.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011