Penulis / NIM
INDAWATI PAKELO / 221410206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Indawati Pakelo. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 1 Telaga Biru Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Masalah yang sudah ditindaki dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Telaga Biru Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Telaga Biru Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IV SDN 1 Telaga Biru Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 24 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas IV sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri diperoleh dari Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat tepat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sebab hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang memperoleh nilai 67 ke atas berjumlah 10 orang atau 41,67%, dan siswa yang memperoleh nilai 67 ke bawah berjumlah 14 orang atau 58,33%. dan menunjukkan keberhasilan pada siklus 2, dimana dari 24 siswa yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 22 orang atau 91.67%.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, tipe STAD dan Hasil Belajar
Download berkas