Penulis / NIM
YUL MUTONENG / 221410208
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Yul Mutoneng. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI SD Inpres 1 Maleo Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, MSi
Masalah pokok yang akan ditindaki dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa di kelas VI SD Inpres 1 Maleo Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Number Heads Together di kelas VI SD Inpres 1 Maleo Kecamatan Popayato Timur Kabupaten Pohuwato.
Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di Kelas VI SD Inpres 1 Maleo Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas VI sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh hasil, dari 20 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 6 orang atau 30% telah memperoleh nilai diatas 65, sedangkan 14 orang atau 70% memperoleh nilai dibawah 65. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini belum mencapai 85% yang berarti proses tindakan harus dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2 diperoleh hasil, dari 20 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 17 orang atau 85% telah memperoleh nilai diatas 65, sedangkan 3 orang atau 15% memperoleh nilai dibawah 65. Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai 85% yang berarti proses tindakan selesai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Number Heads Together dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, merupakan tindakan yang tepat. Model pembelajaran Number Heads Together sangat memacu kreatifitas belajar siswa, yang pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa
Kata Kunci : Model pembelajaran Number Heads Together, Hasil Belajar Siswa
Download berkas