Penulis / NIM
RAMDIN POLO TULIYABU / 221410210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Ramdin Polo Tuliyabu . NIM. 221 410 210, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SD Inpres Wonggarasi Timur Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato” , Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan kemasyarakatan . Fakultas Ilmu Sosial . Universitas Negeri Gorontalo. Tahun 2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di kela IV SD Inpres Wonggarasi Timur Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di Kelas IV SD Inpres Wonggarasi Timur kecamatan Wanggarasi, yang meneliti tentang prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada Pembelajaran PKn di Kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini merujuk pada observasi awal persentase rata-rata prestasi belajar 52%, Pertemuan pertama 68.33%, dan Pertemuan kedua mencapai 92.00%. Jumlah siswa yang memiliki prestasi belajar pada observasi awal 17 orang (57%), pada pertemuan pertama 20 orang (68.33%) dan pada pertemuan kedua menjadi 28 orang (92%) dari jumlah siswa 30 orang. Ini berarti indikator kinerja telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di kelas IV SD Inpres Wonggarasi Timur Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci: Model Student Teams Achievement Divisions, Prestasi belajar siswa
Download berkas