Penulis / NIM
HUSRAN LAONU / 221410211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Husran Laonu 2012.“ Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui pembelajaran metode PAKEM di Kelas VII SMP Negeri 2 Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I HaMaisara Sunge, SH. Mh dan Pembimbing II. Dr. Hi Sukarman Kamuli, M.Si
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN dan dengan adanya kenyataan bahwa Aktivitas belajar PKn di Kelas VII kurang menekankan pada metode PAKEM dalam pembelajaran yang mengaktifkan siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Bagaiman meningkatkan aktivitas siswa kelas VII SMPN 2 Popayato melalui metode PAKEM
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VII SMPN 2 Popayato
Metode Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu metode PAKEM dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa pada Siklus I menunjukan bahwa dari 18 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 8 orang siswa atau 54 % yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 15 orang siswa atau 85 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa jika dengan menggunakan metode PAKEM dalam pembelajaran PKn maka Aktivitas belajar siswa kelas VII SMPN 2 Popayato akan meningkat.
Kata kunci : Aktivitas belajar, pembelajaran metode PAKEM
Download berkas