Penulis / NIM
RIMAN MANAKU / 221410214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
RIMAN MANAKU. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Pada Pelajaran PKn Siswa Kelas X Pertanian SMK 2 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah dengan melalui model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMK 2 Wonosari? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Everyone Is Teacher Here pada pelajaran PKn siswa kelas X Pertanian SMK 2 Wonosari Kabupaten Boalemo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode diskusi dan ceramah. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni; yakni pada siklus I diperoleh yakni pada siklus I pertemuan rata-rata prestasi belajar siswa diperoleh yakni adalah 74,19% yang mencapai kemampuan siswa pada akhir pelaksanaan siklus II jumlah tersebut meningkat menjadi 77,41%. Dapat disimpulkan bahwa dengan melalui penggunaan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here maka dapat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMK 2 Wonosari.
Kata Kunci: Prestasi, Belajar, Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here
Download berkas