SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNITA / 221410215
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak

ABSTRAKYunita,:221410215. Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 08 Paguyaman Kab. Boalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Juru- Ilmu Hukum Kemasyarakatan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Jusdin Puluhulawa, SH, M.Si (Pembimbing I) dan Dr.H. Sukarman Kamuli, M.Si (Pembimbing II).Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 08 Paguyaman Kec.Paguyaman Kab.Boalemo. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 08 Paguyaman (3) upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 08 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo.Metode penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan peneliti sebagai instrumen utama dan terlibat langsung dalam pengumpulan data. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 08 Paguyaman Kab,Boalemo,sudah sangat baik. Prestasi belajar siswapun terus meningkat hal ini didukung oleh faktor intern dan ektren yang cukup memadai serta kemampuan guru dalam mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran yang baik yaitu sering memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat, sering mengulang kembali bagian-bagian yang penting dari pendapat yang disampaikan siswa dan juga sering memberikan pujian kepada siswa yang mampu berpendapat secara baik. Secara keseluruhan guru berusaha mendesain pendekatan dalam pembelajaran untuk menciptakan interaksi yang efektif antara guru dengan siswa.Kata Kunci: Peran Guru, Prestasi Belajar Siswa.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011