Penulis / NIM
ARIYANTI HASAN / 221410216
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKAriyanti Hasan, Nim. 221 410 216. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman).Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran tentang implementasi kurikulum KTSP pada pembelajaran PKn di SDN 10 Paguyaman. (2) kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum KTSP pada pembelajaran PKn di SDN 10 Paguyaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang membahas tentang kajian fenomenologis dan diungkapkan secara deskriptif analisis kritis.Teknik analisis interaktif ini memiliki empat komponen analisis yaitu : Pertama pengumpulan data. Kedua reduksi data. Ketiga sajian data. Keempat, Verifikasi/penarikan simpulan.Hasil penelitian menunjukkan: (1), Implementasi kurikulum KTSP dikembangkan dalam bentuk standar nasional PKn yang pelaksanaanya berprinsip pada implementasi kurikulum terdesentralisasi yakni : Pertama, Kemampuan dasar dan kemampuan kewarganegaraan sebagai sasaran pembentukan. Kedua, Standar materi kewarganegaraan sebagai muatan kurikulum dan pembelajaran. Ketiga, Indikator pencapaian sebagai kriteria keberhasilan pencapaian kemampuan. Keempat, Rambu-rambu umum pembelajaran sebagai rujukan alternatif bagi para guru PKn. (2), Penyusunan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran PKn di SDN 10 Paguyaman menggunakan pedoman yang ditentukan oleh BSNP. Dalam penyusunannya diarahkan supaya siswa dapat memahami materi pelajaran.Perumusan indikator keberhasilan belajar siswa dalam mata pelajaran PKn di SDN 10 Paguyaman dibuat secara musyawarah dengan sesama guru mata pelajaran yang disebut dengan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). Indikator keberhasilan disesuaikan dengan materi yang telah ada dengan kemampuan siswa. Kendala mendasar yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum KTSP pada pembelajaran PKn di SDN 10 Paguyaman antara lain : 1) Latar belakang guru yang tidak memiliki keilmuan khusus PKn. 2) Media pembelajaran yang sangat kurang. 3) Alokasi waktu yang diberikan sangat terbatas. Keempat, Dukungan orang tua siswa yang kurang.Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PKn, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Download berkas