Penulis / NIM
YUNUS BANE / 221410218
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKYunus Bane, 2013. Penggunaan Metode Klos Dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Materi UUD’ 45 Siswa Kelas XI IPA 2SMA Negeri 1 TolangohulaMasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui metode Klos pemahaman membaca siswa pada materi UUD 1945 di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa, mencari pengajaran yang efektif dan Meningkatkan penguasaan dan pemahaman materi UUD 1945 bagi siswa melalui metode klos.Waktu penelitian pada semester I. Penelitian dilakukan selama 1 bulan dan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan serta dalam 2 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap pertemuan. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui meningkatnya kemampaun siswa.Hasil penelitian awal dari 24 siswa yang ada di kelas tersebut didapatkan hasil, 8 siswa atau 33% yang mendapatkan nilai kurang dari 50, 9 siswa atau 38% yang mendapatkan nilai antara 60 hingga 70, sedangkan siswa yang telah tuntas atau mendapatkan nilai di atas batas ketuntasan minimal ada 7 siswa atau 29%. Dari paparan hasil nilai yang didapatkan siswa maka tampak bahwa yang mencapai ketuntasan belajar hanya 29%. Sedangkan pada pertemuan pertama peneliti didapatkan hasil sebagai berikut dari 24 siswa yang ada, 5 siswa atau 21% yang mendapatkan nilai kurang dari 50, 7 siswa atau 29% yang mendapatkan nilai antara 60 hingga 70, sedangkan siswa yang telah tuntas atau mendapatkan nilai di atas batas ketuntasan minimal ada 12 siswa. Dari paparan hasil nilai yang didapatkan siswa maka tampak bahwa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I meningnkat menjadi 50% yang sebelumnya hanya 33%. Dan pada pertemuan kedua didapatkan hasil yang sesuai dengan indikator pencapaian hasil yang diharapkan karena dari 24 siswa yang ada dalam kelas XI IPA 2 tersebut hanya terdapat 4 siswa yang mendapatkan nilai dibawah batas ketuntasan minimal, sehingga prosentasi siswa yang telah tuntas adalah 88% atau 21 siswa.Dengan menggunakan metode klos merupakan strategi yang efektif untuk menyampaikan materi UUD 1945 bagi siswa di kelas IPA 2.Pembelajaran dalam kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan penguasaan materi UUD 1945 dari siswa , selain itu dengan kelompok kecil ini kerjasama diantara siswa dapat tercipta dengan lebih baik.Kata Kunci : Metode Klos, Pemahaman, UUD 1945
Download berkas