SKRIPSI

Penulis / NIM
SOFYA ABD. RAHMAN HARAS / 221410219
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja Guru PKn di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Guru PKn di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo belum optimal. (3) Upaya untuk meningkatkan kinerja Guru di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Guru PKn sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pertama factor kepribadian dan dedikasi yang tinggi menentukan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya yang tercemin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing pesertadidik; kedua factor pengembangan profesional guru sangat penting karena tugas dan perannya bukan hanya memberikan informasi ilmu pengetahuan melainkan membentuk sikap dan jiwa yang mampu bertahan dalam era hiperkompetisi; ketiga factor kemampuan mengajar guru merupakan pencerminan penguasaan guru atas kompetensinya; keempat factor hubungan dan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kerja memberikan dukungan bagi kelancaran tugas guru disekolah; kelima factor hubungan dengan masyarakat, peran guru dalam mendukung kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat dapa tmeningkatkan pemahaman masyarakat tentang tujuan serta sasaran yang ingin direalisasikan sekolah; keenam factor kedisiplinan, Suatu pekerjaan akan menuai hasil yang memuaskan semua pihak bila guru mampu mantaat irambu-rambu yang ditentukan melalui penerapan sikap disiplin dalam menjalankan tugasnya; ketujuh factor tingkat kesejahteraan, memberikan insentif yang pantas sebagai wujud memperbaiki tingkat kesejahteraan guru guna mencegah guru melakukan kegiatan membolos karena mencari tambahan di luar untuk memenuhi kebutuhan hidup; dan kedelapan faktor iklim kerja yang kondusif memberikan harapan bagi guru untuk bekerja lebih tenang sesuai dangan tujuan sekolah.Kata Kunci: Kinerja Guru

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011