Penulis / NIM
SOFYA ABD. RAHMAN HARAS / 221410219
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kinerja Guru PKn di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Guru PKn di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo belum optimal. (3) Upaya untuk meningkatkan kinerja Guru di SMPN 04 Satu Atap Pulubala Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Guru PKn sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pertama factor kepribadian dan dedikasi yang tinggi menentukan keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya yang tercemin dari sikap dan perbuatannya dalam membina dan membimbing pesertadidik; kedua factor pengembangan profesional guru sangat penting karena tugas dan perannya bukan hanya memberikan informasi ilmu pengetahuan melainkan membentuk sikap dan jiwa yang mampu bertahan dalam era hiperkompetisi; ketiga factor kemampuan mengajar guru merupakan pencerminan penguasaan guru atas kompetensinya; keempat factor hubungan dan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan kerja memberikan dukungan bagi kelancaran tugas guru disekolah; kelima factor hubungan dengan masyarakat, peran guru dalam mendukung kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat dapa tmeningkatkan pemahaman masyarakat tentang tujuan serta sasaran yang ingin direalisasikan sekolah; keenam factor kedisiplinan, Suatu pekerjaan akan menuai hasil yang memuaskan semua pihak bila guru mampu mantaat irambu-rambu yang ditentukan melalui penerapan sikap disiplin dalam menjalankan tugasnya; ketujuh factor tingkat kesejahteraan, memberikan insentif yang pantas sebagai wujud memperbaiki tingkat kesejahteraan guru guna mencegah guru melakukan kegiatan membolos karena mencari tambahan di luar untuk memenuhi kebutuhan hidup; dan kedelapan faktor iklim kerja yang kondusif memberikan harapan bagi guru untuk bekerja lebih tenang sesuai dangan tujuan sekolah.Kata Kunci: Kinerja Guru
Download berkas