Penulis / NIM
ZAINAB BAKARI / 221410220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ZAINAB BAKARI, NIM 221 410 220. Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran Di Kelas A Paud Harapan Baru Kecamatan Toangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Bermain Peran dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Kelas A PAUD Harapan Baru Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di Kelas A Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Baru Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni pada siklus I pertemuan I rata-rata Keterampilan Sosial Anak Usia Dini diperoleh yakni adalah 50% yang mencapai kemampuan siswa pada akhir pelaksanaan siklus I pertemuan II jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Metode Pembelajaran Bermain Peran maka dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Kelas A PAUD Harapan Baru Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Metode Pembelajaran Bermain Peran
Download berkas