Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
ABSTRAKMASNI ANTU, 2013. MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG – LAMBANG PANCASILA MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS B PAUD MEKAR SARI KECAMATAN PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO Skripsi. Pembimbing 1 : Dr.Hj.Zulaecha Ngiu,S.Pd M.Pd. Pembimbing II : Asmun W Wantu,S.Pd,M.Sc. Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo.Dalam proses belajar mengajar terjadi interaksi antara berbagai komponen dan saling mempengaruhi, interaksi ini terjadi antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan siswa. Interaksi antara komponen tersebut, akan menciptakan situasi belajar yang afektif dan menyenangkan.Berdasarkan konsep di atas maka menjadi tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pengenalan lambing – lambing pancasila melalui media gambar di kelas B PAUD mekar Sari Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ceramah dan diskusi dimana dalam hil ini penulis menggambarkan meneliti kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn dan mengkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi atau timbul dari setiap peristiwa-peristiwa nyata yang terjadi selama pembelajaran berlangsung dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa pada diskusi yang mana hasil pencapaian 75% pada siklus I, setelah diadakan perbaikan dari kelemahan-kelemahan pada siklus I maka hasil yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 90%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengenal lambang-lambang pancasila dapat dilatih dalam pembelajaran PKn, dengan menggunakan media gambar dan memberikan petunjuk,latihan secara intensif serta koreksi langsung terhadap hasil pekerjaan siswa.Kata Kunci: Lamabang-Lambang Pancasila, Media Gambar