Penulis / NIM
RIAN MUDA / 221410225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAKRian Muda. Nim 221 410 225. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Sila Pancasila Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas 1 SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah Apakah melalui metode latihan dapat meningkatkan kemampuan membaca sila pancasila Kelas 1 SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sila Pancasila Kelas 1 SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Bolaemo melalui metode latihan.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode latihan dimana suatu cara pembelajaran untuk memperoleh keterampilan melalui suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus secara sistematis kepada individu atau siswa agar tercapai suatu keterampilan yang akan dimilikinya secara permanen dengan mengacu pada lembaran hasil belajar siswa.Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni mengalami peningkatan pada siklus I yakni nilai rata-rata siswa 68,2%. Pada akhir siklus II jumlah tersebut terus meningkat menjadi 86,4%. Jika guru menggunakan metode latihan pada pelajaran PKn di kelas I SDN 10 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo maka kemampuan membaca sila Pancasila melalui metode latihan telah tuntas dan dapat diterima.Kata Kunci: Membaca Sila Pancasila dan Metode Latihan
Download berkas