Penulis / NIM
IRNA BUMULO / 221410231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
IRNA BUMULO. NIM: 221 410 231. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengeluarkan Pendapat Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Di Kelas V SDN 21 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah dengan melalui metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan Kemampuan siswa Mengeluarkan Pendapat kelas V SDN 21 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengeluarkan Pendapat Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 21 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo melalui model pembelajaran Jigsaw.Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn yakni pada siklus I pertemuan ke II rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni adalah 68,18%. yang mencapai kriteria sangat baik dan kriteria baik dan pada akhir siklus I pertemuan II jumlah tersebut terus meningkat, menjadi 85 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw peran maka dapat Kemampuan siswa Mengeluarkan Pendapat kelas V SDN 21 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. BoalemoKata Kunci: Kemampuan, Model, Pembelajaran, Jigsaw.
Download berkas