SKRIPSI

Penulis / NIM
HERLINA KAHARU / 221410236
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak

ABSTRAKHerlina Kaharu /221 410 236 “Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik DenganMenggunakan Model Pembelajaran Example Non Example”. Atas bimbingan oleh BapakDrs. Revoljie Kaunang, M.Pd serta Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.sc, selaku pembimbing Idan Pembimbing II. Program Sudi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum danKemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui modelpembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran PKn. Subjek yang dikenakantindakan adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 8 Paguyaman. Selama prosespembelajaran guru terlebih dahulu menerangkan materi sesuai dengan kurikulum yangdijalankan, setelah itu peserta didik di bagi dalam kelompok, selanjutnya dibagikan lembarkasus untuk didiskusikan. Hal ini untuk menguji sejauh mana keaktivan peserta didik dalamproses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa aktivitasbelajar peserta didik sangat meningkat berdasarkan Tahapan Siklus I Pertemuan Pertamamencapai 43% dan pada Siklus I Pertemuan Kedua mengalami peninggkatan mencapai 82%.Peserta didik yang kurang aktif pada Siklus I Pertemua Pertama 57% dan pada Siklus IPertemuan Kedua berkurang menjadi 18%.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011