Penulis / NIM
FATRIANTI ISMAIL / 221410238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAKFatrianti Ismail “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran PKnMelalui Model Pembelajaran Jigsaw Di SDN 10 Tolangohula. Tugas Akhir SIPKn Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial UniversitasNegeri GorontaloRumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Dengan MenggunakanModel Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran PKn di Kelas VI SDN 10 Tolangohula KecamatanTolangohula,Kabupaten Gorontalo tahun 2013. Tujuan penelitian untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui modelpembelajaran jigsaw di kelas VI SDN 1 Binajaya.penelitian ini diharapkan dapatbrmanfaat bagi guru, sekolah , siswa dan peneliti sendiri.Adapun subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SDN 1Binajaya yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah yang menjadisubjek tindakan sebanya 20 orang. Metode adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanankan dalam satu siklus dua kali pertemuan meliputi tahap persiapan,pelaksanaan tindakan, evaluasai analisis dan refleksi.Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkanbahwa Pembelajaran materi Peran Indonesia di kawasan Asia tenggara yangmenggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VI SDN 10 Tolangohula tahun Ajaran 2013/2014. Dari analisis datahasil belajar siswa pada siklus I menjukkan bahwa 20 orang yang siswa yangdikenakan tindakan, 14 orang siswa atau 70% yang dinyatakan mencapai nilai 65ke atas. Jumlah dan presentase ini meningkat pada siklus I pertemuan 2, dari 20orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 siswa atau 90% memperoleh nilai 65keatas.Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas