Penulis / NIM
ULFA UMAR / 221410239
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAKUlfa Umar. 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Masalah-Masalah Sosial Melalui Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Di KelasIV SDN 10 Paguyaman Kec Paguyaman Kab Boalemo. Skripsi. ProgramStudi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas NegeriGorontalo.Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah dengan menggunakanMedia Audio Visual dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam PembelajaranIPS tentang Masalah-Masalah Sosial di Kelas IV SDN 10 Paguyaman Kec.Paguyaman Kab. Boalemo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian iniadalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui media audio visualtentang masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 10Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode yang digunakan dalampenelitian adalah metode diskusi dan ceramah. Pengambilan data diambil denganmenggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atasmateri yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baiksecara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapatdiketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaranPendidikan Kewarganegaraan yakni; pada siklus I pertemuan ke II rata-rata hasilbelajar siswa diperoleh yakni adalah 41,6 % yang mencapai kriteria sangat baikdan kriteria baik dan pada akhir siklus I pertemuan III jumlah tersebut terusmeningkat, % menjadi 91,6 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmedia audio visual maka akan meningkatkan pemahaman siswa tentang masalahmasalahsosial pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 10 Paguyaman Kec.Paguyaman Kab. Boalemo.Kata Kunci: Pemahaman Siswa dan Media Audio Visual
Download berkas