SKRIPSI

Penulis / NIM
FATMAWATI AMRAN HULOPI / 221410241
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK Fatmawati Amran Hulopi, Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Make a Match Pada Pelajaran PKn Di Kelas VII SMP negeri 5 Satap Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo. Program Studi S-1 PKn Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II Roni Lukum, S.Pd, M.Sc Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik pada pelajaran PKn kelas VII SMP Negeri 5 Satap Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar peserta didik melaui model pembelajaran make a match pada pelajaran PKn di kelas VII SMPN 5 Satap Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII SMPN 5 Satap Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yaitu melalui pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Pada setiap siklus dilakukan evaluasi dan refleksi untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari lembar observasi setiap kegiatan siklus. Kemudian dianalisis dengan menggunakan prosedur persentase sederhana setiap variabel. Dari hasil penelitian tindakan kelas yaitu penerapan model pembelajaran make a match pada pelajaran PKn benar-benar telah meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Kelas VII SMP Negeri 5 Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo yang awalnya di observasi hanya satu orang, setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran make a match selama dua siklus terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu 4 orang peserta didik dan pada siklus II menjadi 8 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di atas menunjukkan telah tercapainya indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas "apabila 75 % ke atas dari jumlah peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian yakni: "Jika dalam pembelajaran digunakan metode Make a Match, maka motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP 5 Satap Dulupi Kec. Dulupi Kab. Boalemo akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Make a Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011