Penulis / NIM
LINDA LESTARI / 221410243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAKLinda Lestari. 221410243. Efektivitas Pelaksanaan Pakem pada Pembelajaran PKn di SD Negeri I Monosari Kabupaten Boalemo. Di Bimbing oleh Bapak Welly Pangayow dan Ibu Maisara Sunge.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari dan untuk mengetahui Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 4 Wonosari Kecamatan Wonosari.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Aktif Krearif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan pendekatan belajar mengajar yang tepat digunakan pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari karena model ini dapat melibatkan beberapa mata pelajaran memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dalam pembelajaran PKn siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari dapat diperlihatkan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama proses pembelajaran seperti membuat formasi bangku siswa lebih bernuansa lingkaran yang memungkinkan siswa dapat berinterkasi dengan teman untuk membahas mata pelajaran. Selain itu, ruangan kelas juga sudah dilengkapi dengan berbagai alat peraga. Tapi disisi lain menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan yang lebih menyenangkan. (2) Terdapat beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari. Antara lain (1) guru telah Memahami sifat yang dimiliki anak yaitu dengan cara mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah dan untuk mengungkapkan gagasannya, serta melibatkan mereka dalam lingkungan sekolahnya. (2) guru telah Mengenal karakteristik anak secara individual ini dapat dilihat dari beragamnya pendekatan pembelajaran yang diberikan (3) Pengorganisasian belajar sesuai dengan perilaku anak juga sudah baik dengan membagi dalam beberap kelompok belajar. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu tingkatkan seperti (3) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalahmmasih kurang, Kebanyak siswa masih pasif pada saat diberikan pertanyaan atau jawabannya sangat singkat. (4) kurangnya pengembangan ruang kelas belajar yang menarik.Kata Kunci: Pelaksanaan PAKEM, Pembelajaran PKn
Download berkas