SKRIPSI

Penulis / NIM
LINDA LESTARI / 221410243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak

ABSTRAKLinda Lestari. 221410243. Efektivitas Pelaksanaan Pakem pada Pembelajaran PKn di SD Negeri I Monosari Kabupaten Boalemo. Di Bimbing oleh Bapak Welly Pangayow dan Ibu Maisara Sunge.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari dan untuk mengetahui Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 4 Wonosari Kecamatan  Wonosari.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Aktif Krearif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan pendekatan belajar mengajar yang tepat digunakan pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari karena model ini dapat melibatkan beberapa mata pelajaran memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dalam pembelajaran PKn siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari dapat diperlihatkan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama proses pembelajaran seperti membuat formasi bangku siswa lebih bernuansa lingkaran yang memungkinkan siswa dapat berinterkasi dengan teman untuk membahas mata pelajaran. Selain itu, ruangan kelas juga sudah dilengkapi dengan berbagai alat peraga. Tapi disisi lain menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan yang lebih menyenangkan. (2) Terdapat beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari. Antara lain (1) guru telah Memahami sifat yang dimiliki anak yaitu dengan cara mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah dan untuk mengungkapkan gagasannya, serta melibatkan mereka dalam lingkungan sekolahnya. (2) guru telah Mengenal karakteristik anak secara individual ini dapat dilihat dari beragamnya pendekatan pembelajaran yang diberikan (3) Pengorganisasian belajar sesuai dengan perilaku anak juga sudah baik dengan membagi dalam beberap kelompok belajar. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu tingkatkan seperti (3) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalahmmasih kurang, Kebanyak siswa masih pasif pada saat diberikan pertanyaan atau jawabannya  sangat singkat. (4) kurangnya pengembangan ruang kelas belajar yang menarik.Kata Kunci: Pelaksanaan PAKEM, Pembelajaran PKn

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011