Penulis / NIM
FATMAH K. MOLE / 221410244
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAKMole, K. Fatma. 2013. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (Guru) Di SDN IV Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing I Dr. Sastro M.Wantu,M.Si, Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd, M.Si.Kesuksesan atau kegagalan suatu organisasi seperti sekolah ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah kinerja yang ditunjukkan oleh sumber daya manusia yang ada di dalam sekolah tersebut termasuk diantaranya adalah Kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Kinerja Kepala Sekolah di SDN IV Tolangohula Kabupaten Gorontalo 2) Mengetahui Faktor – Faktor yang Mempengaruhi kinerja kepala sekolah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (guru). 3) Mengetahui Pengembangan Sumber Daya Manusia (guru) di SDN IV Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dengan demikian peneliti berperan sebagai instrumen utama yang terlibat secara langsung dalam mengumpulkan data melalui teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu (1) tahap sebelum ke lapangan, (2) tahap pekerjaan lapangan, (3) tahap analisis data, (4) tahap penulisan laporan’’. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Terdapat lima (5) Faktor yang mempengaruhi kinerja kepala sekolah dalam upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia (guru) yakni : 1) Kepribadian dan Dedikasi, 2) Antar Hubungan dan Komunikasi, 3) Hubungan Dengan Masyarakat, 4) Kesejahteraan, 5) Iklim Kerja. Selama ini kegiatan pengembangan sumber daya manusia (guru) yang telah dilakukan oleh kepala sekolah SDN IV Tolangohula dituangkan dalam bentuk tata tertib sekolah. Tata tertib yang dimaksud tersebut adalah 1) Berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan, 2) Masuk dan pulang sekolah tepat waktu, 3) Membuat kesepakatan rapat dewan Guru, 4) Memberikan sosialisasi kepada seluruh komponen yang terkait, 5) Memberi sanksi atau teguran kepada yang melanggar. Upaya ini memberikan hasil yang cukup baik karena berdasarkan hasil wawancara nampak bahwa pengembangan sumber daya manusia melalui indikator ini tidak memberatkan dan dapat dilaksanakan oleh semua pihak.Hasil penelitian secara keseluruhan terlihat bahwa selama ini kinerja kepala sekolah dalam hal pengembangan SDM (guru) di SDN IV Tolangohula sudah cukup baik. Hanya saja pada beberapa poin pengembangan perlu memperoleh perhatian yang lebih signifikan sehingga SDM (guru) dapat meningkat dan menjadi semakin bermutu. Kata Kunci : Kinerja Kepala Sekolah, Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Kepala Sekolah, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Guru).
Download berkas