Penulis / NIM
FACHRY MUHAMMAD / 221411001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Fachry Muhammad .2015, Nim. 221411001 Kinerja Guru PPkn dalam Membina Aspek Afektif Siswa Di SMK Negeri 3 Gorontalo Skiripsi. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi PPkn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Bapak. Dr. Jusdin Puluhulawa. M.Si. selaku dosen pembimbing I dan Bapak Roni Lukum S.pd. M.Sc selaku dosen pembimbing II
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kinerja guru PPkn dalam membina Aspek Afekif siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo ini bisa berjalan sesuai yang akan di harapkan dan nantinya bisa membentuk pola perilaku Aspek Afektif siswa dengan baik ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan subjek penelitian Guru ppkn di SMK Negeri 3 Gorontalo.Penelitian ini bertujuan untuk nantinya berguna kepada peneliti dan kepada pihak sekolah dalam melihat kinerja guru ppkn dalam membina Aspek Afektiv siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo. Pada penelitian ini, hasil berdasarkan data yang telah diteliti yaitu Guru PPkn memakai strategi penilaian dalam hal ini membina Aspek Afektif siswa. Guru PPkn mengacu kepada 3 penilaian yaitu ,penilaian Sikap Jujur, Disiplin dan Tanggung jawab. Karena ketiga Aspek penilaian ini sangat berpengaruh untuk perubahan perilaku siswa. Tetapi hanya sekitaran 45% dan sebagiannya akan di kerja samakan dengan bagian kesiswaan dan bagian BK dan mereka menanggung sekitaran 55% dari perilaku siswa dan ini juga tidak hanya terbatas pada guru PPkn saja dalam pembinaan perilaku Aspek Afektif siswa. Dan untuk Guru PPkn untuk meningkatkan Hasil kinerja yaitu sekolah setiap 1 tahun ataw 6 bulan akan mengadakan (IHT) In House Training demi mengetahui apa-apa saja kekurangan dari pada kinerja guru ini.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk kinerja guru ppkn dalam membina Aspek Afektiv siswa yang ada di sekolah SMK Negeri 3 Gorontalo ini tidak hanya menekankan kepada guru ppkn saja akan tetapi ada kerja sama antara guru ppkn dengan orang -orang yang terkordinir di dalam bagian kesiswaan dan bagian BK artinya bahwa didalam penelitian untuk sikap siswa ini ada tingkatan untuk pembinaan pada Aspek Afektif ada bantuan dari pihak lain yang ada di lingkungan Sekolah SMK Negeri 3 Gorontalo dan berupa Supervisi dari pada Kepala Sekolah dan kepalah Sekolah membuat Seminar (IHT) In House Training.
Kata Kunci : Kinerja guru ppkn, dalam Membina Aspek Afektif siswa .
Download berkas