SKRIPSI

Penulis / NIM
NOPIN NAHER / 221411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK Nopin Naher. 2016. Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. H. Sukarman Kamuli, M. Si, dan Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M. Si. Penelitian ini bertujuan unyuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo dan Faktor-faktor yang mendukung peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini yaitu bagaiman peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo dan faktor yang mendukung peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini tergolong pada penelitian kualitatifdengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Kewarganegaraan yang berada di SMK Negeri 2Gorontalo, Tehnik pengumpulan data melalu wawancara,obserfasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Gorontalo yaitu 1) peran guru dalam perencanaan pembelajaran yang meliputi menganalisis kurikulum, menyusun program tahunan, program semester dan RPP. 2) peran guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Meliputih pengunaan media dan model pembelajaran yang sesuai. 3) peran guru dalam evaluasi pembelajaran yang meliputi penilian sikap religi (K1), sikap sosial (K2), Pengetahuan (K3), dan keterampilan (K4). Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 gorontalo telah dilaksanakan dengan baik. Terdapat faktor-faktor yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran PKn seperti faktor kemampuan guru, karakteristik siswa dan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Peran Guru, Kualitas Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011