Penulis / NIM
NURHAYATI MOHAMAD / 221411021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati. Mohamad, 221411021 "Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Telaga Biru " dengan Pembimbing I dan Pembimbing II Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Rasid Yunus S.Pd, M.Pd. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini karena masih banyak siswa yang hasil prestasi belajarnya rendah dan kurang mendapat perhatian guru, sehingga siswa menganggap bahwa masalah tersebut masalah kecil yang tidak perlu dicegah. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru PKn dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Telaga Biru dan Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menunjang prestasi belajar serta Upaya yang dilakukan oleh guru mengatasi kendala dalam menunjang prestasi belajar. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 7 Telaga Biru, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam menunjang prestasi belajar siswa adalah dimana tidak mudah, karena banyak yang harus dipahami oleh guru dalam tehnik mengajar dan memberikan motivasi terhadap siswa. Guru menemukan kendala dalam diri siswa karena adanya faktor dari diri siswa itu sendiri, faktor keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Faktor dari diri siswa misalnya tidak ada minat untuk belajar. faktor sekolah misalnya sarana dan prasarana sekolah kurang memadai. Faktor lingkungan masyarakat misalnya lingkungan pasar berdampak buruk bagi siswa. Untuk mengatasi kendala guru ada beberapa upaya yaitu menghubungi orang tua siswa, memberikan pembinaan kepada siswa dan menggunakan metode permainan kartu. menghubungi orang tua siswa misalnya guru memberitahukan bahwa menemukan masalah dengan anak tersebut, diharapkan oarng tua membantu pihak sekolah dalam mengatasi masalah ini. memberikan pembinaan kepada siswa misalnya memberikan nasehat, bimbingan atau arahan yang membantu mengubah tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik. menggunakan metode mengajar misalnya tindakan ini untuk menarik perhatian siswa dalam belajar dan meningkatkan prestasi belajar mereka.
Kata kunci: Peran Guru PPKn, Prestasi Belajar.
Download berkas