SKRIPSI

Penulis / NIM
FERLIYANTO H. MOOGANGGA / 221411023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Ferli Yanto Moogangga. 2016. Nim. 221 411 023. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Develovmentally Apropriate Pratice (DAP) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP Negeri 4 Bolaang Uki. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bolaang Uki masih rendah khususnya pada kelas IX (9). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Bolaang Uki. Penelitian ini bertujuan untuk mmeningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Model pembelajaran yang dipakai pada penelitian ini adalah Develovmentally Apropriate Pratice (DAP). Hasil penelitian menemukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I (pertemuan pertama) dengan persentase 6,25% atau sekitar 2 dari 32 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran tetapi belum mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan. Kemudian dilanjutkan ke siklus I (pertemuan kedua) dengan persentase 40,62% atau sekitar 13 dari 32 siswa aktivitas belajar siswa meningkat, akan tetapi belum mencapai indikator ketuntasan yang telah di tetapkan. Dan dilanjutkan ke siklus I (pertemuan ketiga) dengan presentase 96,88% atau 31 dari 32 siswa aktivitas belajar siswa meningkat, sehingga indikator ketuntasan telah tercapai. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Develovmentally Apropriate Pratice pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar yang sangat memuaskan. KATA KUNCI: Aktivitas Belajar Siswa, Model Develovmentally Apropriate Pratice (DAP)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011