Penulis / NIM
MEILAN SISKA S. MOHA / 221411025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
MEILAN SISKA S. MOHA : NIM 221 411 025, Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasilan Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Student Active Di Kelas X Hotel 1 SMK Negeri 2 Gorontalo, Skripsi 2015 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan: Ibu Dr.H. Zulaecha Ngiu, M.Pd (Pembimbing Satu) dan Ibu Asmun W.Wantu S.Pd, M.Sc (Pembimbing dua).
Adapun permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Student Active, dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran PPKn di kelas X hotel 1 SMK Negeri 2 Gorontalo. Pemecahan masalah yang dapat ditempuh dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Student active yang dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkat dengan baik.
Penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap proses pembelajaran, diharapkan guru maupun pihak lain dapat mencari solusi untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran terutama mata Pelajaran PPKn, dapat menerapkan model pembelajaran Picture and Student Active. Adapun kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah:Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Student Active di Kelas X Hotel 1 SMK Negeri 2 Gorontalo " terbukti" dan dapat diterima.
Kata Kunci : picture and student active, pemahaman siswa, PPKn
Download berkas