Penulis / NIM
JAFAR KAULO / 221411027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Jafar Kaulo. 2015. Nim. 221 411 027. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model Reciprocal Learning Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan
Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri
Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd
sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd sebagai dosen
pembimbing II.
Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 1 Gorontalo masih rendah khususnya pada kelas VIII-8, hal ini dapat
dilihat pada hasil belajar siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal.
Apakah dengan mengggunakan model pembelajaran reciprocal learning bisa
meningkatkan aktivitas belajar siswa?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII-8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mmeningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran PPKn. Model pembelajaran yang dipakai pada penelitian ini adalah
Reciprocal Learning.
Hasil penelitian menemukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I
(pertemuan pertama) dengan persentase 45% atau sekitar 14 dari 31 siswa yang
aktif dalam proses pembelajaran tetapi belum mencapai indikator ketuntasan yang
telah ditetapkan. Dan dilanjutkan ke siklus I (pertemuan kedua) dengan persentase
84% atau sekitar 26 dari 31 siswa aktivitas belajar siswa meningkat, sehingga
indikator ketuntasan telah tercapai.
Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal
learning pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
serta hasil belajar yang sangat memuaskan.
KATA KUNCI: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Reciprocal
Learning
Download berkas