Penulis / NIM
AGUS PAKAYA / 221411039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-YUSRA GORONTALO
Agus Pakaya * Asmun W. Wantu,, **Rasid Yunus
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Role Playing.
Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh sebesar 65% yaitu 11 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya pada pertemuan kedua mendapatkan 94,11% yaitu 16 siswa yang tuntas.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Role Playing.
Download berkas