SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUS PAKAYA / 221411039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-YUSRA GORONTALO Agus Pakaya * Asmun W. Wantu,, **Rasid Yunus ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Role Playing. Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh sebesar 65% yaitu 11 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya pada pertemuan kedua mendapatkan 94,11% yaitu 16 siswa yang tuntas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Role Playing.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011