SKRIPSI

Penulis / NIM
I PUTU NGURAH ALIT SUDIARSA / 221411041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK I PUTU NGURAH ALIT SUDIARSA Nim. 221411041. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scientific Model Role Playing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegraan ( PPKn ) Kelas XI Mia4 SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Mia4 SMA Negeri 3 Gorontalo. Pemecahan masalah dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Role Playing melalui pendekatan Scientific. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut diharapkan siswa mampu mengamati, menanya, menganalisis, mengasosiasi, mengkomunikasikan materi yang diajarkan. Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing melalui pendekatan Scientific mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Mia4 SMA Negeri 3 Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini yakni meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan Scientific model Role Playing pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I siswa yang mencapai kriteria ketuntasan Sangat Baik ( SB ) sebesar 10% atau sebanyak 3 orang siswa dan kriteria ketuntasan Baik ( B ) sebesar 32% atau sebanyak 10 orang siswa. Pelaksanaan siklus I pertemuan II siswa yang mencapai kriteria ketuntasan Sangat Baik (SB ) sebesar 19% atau sebanyak 6 orang siswa dan kriteria ketuntasan Baik ( B ) sebesar 55% atau sebanyak 17 orang siswa. Pelaksanaan siklus I pertemuan III siswa yang mencapai kriteria ketuntasan Sangat Baik ( SB ) sebesar 32% atau sebanyak 10 orang siswa dan yang mencapai kriteria ketuntsan Baik ( B ) sebesar 58% atau sebanyak 18 orang siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan Scientific model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran PPKn dikelas XI Mia4 SMA Negeri 3 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Model Role Playing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011