Penulis / NIM
AMIR NUKI / 221411044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Amir Nuki. 2016. 221411044. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tive Make a Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Sekolah SMP Negeri 9 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini rendah dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 9 Gorontalo khususnya pada kelas VII (tujuh).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tive make a match di SMP Negeri 9 Gorontalo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Gorontalo.
Hasil penelitian menggunakan bahwa presentase siswa mencapai kategori sangat baik (SB) berjumlah 6 orang atau 22%, siswa yang mencapai kategori baik (B) berjumlah 18 orang atau 64%, siswa yang mencapai kategori cukup (C) berjumlah 4 orang atau 14% selanjutnya tidak ada siswa yang yang mencapai kategori kurang (K). Ketuntasan 86%. Dan dinyatakan berhasil dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tive make a match. Di SMP Negeri 9 Gorontalo.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tive make a match pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan pemahaman siswa yang sangat memuaskan.
KATA KUNCI: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Kooperetive Make a Match
Download berkas