Penulis / NIM
UYAN PAANA / 221411048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis kesiapan guru PPKn dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo) Kendala apa yang ditemukan oleh guru PPKn dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kesiapan guru PPKn dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo dan kendala apa yang ditemukan oleh guru PPKn dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Oleh karena itu sesuai dengan masalah yang dikaji maka pendekatan penelitian yang dianggap sesuai untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan guru PPKn dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 9 Kota Gorontalo sudah benar-benar siap dan sudah dijalankan sebagaimana mestinya. Namun masih terdapat beberapa kendala dalam implementasinya sehingga hal ini perlu ditindak lanjuti oleh pihak-pihak yang berwajib.
Kata Kunci: Kesiapan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Kurikulum 2013
Download berkas