SKRIPSI

Penulis / NIM
SUANDI T. TALIB / 221411063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK SUANDI T. TALIB Nim. 221 411 063. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PPKn di kelas VIIE SMPN 3 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Social, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa kelas VIIE SMPN 3 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas VIIE SMPN 3 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode diskusi. Pengambilan data diambil dengan mengunakan lembar pegamatan siswa dan guru. Kemudian data di analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif, berdasarkan analisis data maka dapat diketahui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dalam I siklus tiga kali pertemuan, yakni pada pertemuan I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 50%, pada pertemuan II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 64%, dan pertemuan III meningkat menjadi 86% atau mencapai kriteria ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE SMPN 3 Gorontalo. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Discovery Learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011