Penulis / NIM
ANDRIYANTO MOKOAGOW / 221411067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Andriyanto Mokoagow, 2016. "Dampak Perkembangan Teknologi Handphone Pada Perilaku Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pkn Di SMP Negeri 10 Dumoga, Kab. Bolaang Mongondow ". Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si dan pembimbing II Bapak Roni Lukum, S.Pd.,M.Sc.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah"1). Bagaimana dampak perkembangan teknologi handphone pada perilaku belajar siswa? 2). Bagaimana upaya sekolah dalam menanggulangi perilaku siswa yang kecanduan pada handphone, yang dampaknya pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn?", sedangkan tujuan penelitian adalah a. untuk mengetahui dan menganalisis dampak posif dan dampak negative handphone pada perilaku belajar siswa. b. untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana upaya sekolah untuk mencegah parah siswa yang kecanduan dengan handphone yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaraan Pkn.
Metode analisis yang di gunakan pada pelaksanaan penelitian ini adalah metode kualitatif yang pada dasarnya sebagai proses prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dengan teknik pengumpulan data melalui analisis observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dampak Perkembangan Teknologi Handphone Pada Perilaku Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pkn Di SMP Negeri 10 Dumoga, Kab. Bolaang Mongondow, yaitu terdiri dari dua dampak positif dan dampak negative dimana dampak negatifnya antara lain mengganggu perkembangan anak, mengganggu kesehatan, sangat mempengaruhi sikap/perilaku siswa. adapun dampak positifnya berupa mempermudah komunikasi, menambah pengetahuan, dan memperluas jaringan pertemanan/persahabatan.
Kata Kunci : Perkembangan Teknologi Handphone Pada Perilaku Belajar Siswa
Download berkas