Penulis / NIM
SRI FATRIYANTI PUABENGGA / 221411080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Sri F. Puabengga. 22111080. âKreativitas Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Gorontalo.â Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Hj. Maisara Sunge, S.H,M.H dan Dr. H. Sukarman Kamuli M.Si
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Gorontalo dan Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kreativitas guru di SMP Negeri 4 Gorontalo. Dengan fokus penelitian yaitu kreativitas guru dalam kegiatan belajar-mengajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Gorontalo masih kurang. Hal ini di buktikan dengan belum terpenuhinya aspek-aspek yang harus dimiliki oleh guru kreativ. Guru kreativ harus memiliki ciri-ciri khusus yaitu: 1) Mampu menciptakan ide baru; 2) Tampil beda; 3) Fleksibel; 4) Mudah bergaul; 5) Menyenangkan; 6) Suka melakukan eksperimen; 7) Cekatan. Setelah dilakukan penelitian berupa wawancara dengan guru bidang studi PPKn di SMP Negeri 4 Gorontalo ternyata dari ketujuh aspek tersebut ada dua aspek yang belum terpenuhi yaitu guru mampu menciptakan ide baru dan aspek guru suka melakukan eksperimen. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi keterbukaan, evaluasi internal, dan kemampuan berekspresi. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan, yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Kata kunci : Kreativitas guru, motivasi belajar
Download berkas