Penulis / NIM
NURLAILAH LIMOMOTO / 221411086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nurlailah Limomoto . 2015. "Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Gorontao, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui peran guru PKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Gorontalo.; (2) mengetahui faktor-faktor apakah yang menjadi kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKn di SMK Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah tiga guru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu tahap observasi, tahap wawancara dan tahap dokumentasi yang berupa foto yang diambil pada saat proses pengumpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh guru PKn untuk membangkitkan motivasi belajar meliputi : 1) memperjelas tujuan yang ingin dicapai; 2) membangkitkan minat siswa; 3) menggunakan variasi metode penyajian yang menarik; 4) memberikan pujian; 5) memberikan penilaian.
Sementara itu faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Gorontalo antara lain: 1) kurangnya pemahaman guru tentang motif siswa; 2) motif setiap siswa berbeda-beda; 3) tidak ada alat metode atau teknik tertentu yang dapat memotivasi semua siswa dengan cara yang sama atau dengan hasil yang sama.
Kata kunci: Peran Guru PKn, motivasi belajar,
Download berkas