Penulis / NIM
HENDRIK BASIR / 221411102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Hendrik Basir. 221 411 102. 2017. "Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo. pembimbing I Dr. Sastro M. Wantu, SH, M.Si, Pembimbing II Roni Lukum, S.Pd, M.Sc. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam peneletian ini yaitu bagaimana peran guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo, faktor-faktor yang yang di hadapi oleh guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo, upaya yang dilakukan guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo, dan hasil pembentukan perilaku siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Situs atau informasi dalam penelitian ini yaitu, SMK Negeri 3 Gorontalo penelitian yang digunakan yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa, faktor-faktor apa saja yang di hadapi guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa,upaya yang dilakukan guru PPKn dalam membentuk perilaku siswa, dan hasil pembentukan perilaku siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo.
Hasil penelitian menujukan bahwa peran guru dalam membentuk perilaku siswa dilakukan melalui proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas, yaitu seorang guru memberikan materi yang berhubungan dengan perilaku yang baik serta memberikan contoh perilaku yang baik sebab guru adalah suri teladan yang baik untuk siswa saat sisiwa berada di lingkungan sekolah, selain itu guru juga guru bekerja sama dengan pihak orang tua dalam memberikan bimbingan kepada siswa agar siswa menjadi generasi-generasi yang di segani baik di lingkungan keluarga dan masyarakat serta berguna bagi nusa dan bangsa.
Kata kunci: Peran, Guru, Perilaku
Download berkas