Penulis / NIM
MAIMUN A. ARDAN / 221411117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Maimun A Ardan. 221411117. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bervariasi Pada Mata Pelajaran PPKn Di kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn tentang Bela Negara di kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran bervariasi tentang bela negara pada pelajaran PPKn di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo.
Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode Ceramah dan demonstrasi.Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan belajar dan guru, Serta evaluasi atas materi yang diajarkaan pada setiap pertemuan. Kemudian data di analisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat di ketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni pada siklus I pertemuan II rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni adalah 69,70 % yang mencapai kriteria sangat baik dan pada akhir siklus I pertemuan III jumlah tersebut meningkat, menjadi 100 % dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bela negara pada pelajaran PPKn Di kelas X SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorotalo.
Kata kunci: Hasil belajar siswa, Metode ceramah dan Demonstrasi.
Download berkas