Penulis / NIM
IKRAM RADJI / 221411119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
IKRAM RADJI, NIM 221411119. 2011. Peran orang tua pada hasil belajar siswa. Program studi pendidikan kewarganegaraan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini membahas tentang peran orang tua pada hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Popayato. Alasan ingin membahas masalah ini karena kurangnya kontrol orang tua di rumah terhadap kegiatan belajar anak, sebagian besar orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada guru, sehingga menyebabkan pendidikan anak mereka kurang control, orang tua belum berperan aktif dalam mendukung belajar anak di sekolah, sehingga anak jarang mengerjakan tugas sekolah.
Permasalahan yang di hadapi oleh siswa di SMP Negeri 1 Popayato yaitu kurangnya perhatian pada orang tua, sehingga siswa kurang memiliki motivasi dalam memanfaatkan potensi semangat belajarnya, hal itu terjadi karena perhatian orang tua yang kurang maksimal sehingga proses pemberian layanan guru terhadap siswa di sekolahpun tidak maksimal seperti apa yang di harapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, maksudnya peneliti berusaha memahami peristiwa dan kaitanya dalam situasi tertentu dan penelitian ini juga dilaksanakan di SMP Negeri 1 Popayato selama sebulan mulai 24 april - 24 mei, Karena dengan penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologis. Teknik untuk pengumpulan data, yang didukung adalah observasi atau wawancara dan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berprestasi, sangat memiliki peran tinggi dalam memotivasi belajar siswa yaitu dengan selalu memberikan perhatian dan kasih sayang serta waktu yang cukup untuk anak-anaknya, subyek dua peran orang tua siswa yang kurang berprestasi memiliki peran rendah dalam memotivasi belajar siswa, dan subyek yang ketiga faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan adanya perhatian, hadiah, hukuman, menyediakan keperluan sekolah serta waktu yang cukup untuk anak. Kurang berprestasi dikarenakan pemanjaan yang berlebihan, kekhawatiran yang luar biasa dan kurangnya rasa sayang. Intinya waktu dan kasih sayang mereka terhadap keluarga, terutama anak-anak mereka kurang terpenuhi, disebabkan mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas mereka demi memenuhi kebutuhan keluarga
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Hasil belajar Siswa
Download berkas