Penulis / NIM
TETI HERAWATI / 221411121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Teti Herawati. 221 411 121. ..."Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di Kelas X Informatika1 SMK Negeri 3 Gorontalo. Dengan Pembimbing I Drs. R.O.W. Kaunang, M.Pd dan Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd. M.Sc. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah ..."Apakah dengan mengunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X Informatika SMK Negeri 3 Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran PKn di kelas X Informatika SMK Negeri 3 Gorontalo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model diskusi dan ceramah dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni pada siklus I pertemuan ke I rata-rata kreativitas belajar siswa diperoleh yakni 35% sudah mencapai kreativitas belajar yang baik, dan pada siklus I pertemuan II dari jumlah siswa sebanyak 20 orang terdapat 13 siswa yang tuntas belajar atau 65% sehingga masih harus dilanjutkan siklus berikutnya akan tetapi pelaksanaan siklus I pertemuan III jumlah tersebut terus meningkat menjadi 85% dan ini sudah tuntas. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas X Informatika SMK Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Metode Cooperative Integrated Reading and Composition
Download berkas