SKRIPSI

Penulis / NIM
NELWAN HARAS / 221411122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK Nelwan Haras (Nelwan) 2015 NIM: 221 411 122. "Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 4 Gorontalo" Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah Bimbingan Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si Dan Dr. Udin Hamim, S.Pd.,SH.,M.Si Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu Bagaimana peran guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo dan Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo, dengan focus penelitian yaitu peran dalam memberikan motivasi, nasehat, mengontrol, mengaktifkan satgas, membuat aturan, dan peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru di SMA Negeri 4 Gorontalo dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Dalam pennelitian ini, peneliti menggunakan metodologi pendekatan fenomenologis yaitu pendekatan yang mengarah pada fenomena yang ada. serta peneliti juga menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang ditujuukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang dan berlangsung pada saat ini atau pada saat yang lampau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 gorontalo tersebut telah dilaksanakan sesuai prosedur pendidikan, visi-misi sekolah, dan kesepakatan antar siswa, guru, dan orang tua siswa, tetapi masih terdapat aspek-aspek yang perlu ditingkatkan peran yang telah dilaksanakan dengan optimal adalah peran dalam memberikan motivasi kepada siswa, peran memberikan bimbingan dan nasehat kepada siswa. Sedangkan peran yang masih perlu ditingkatkan adalah adalah peran dalam penerapan sanksi, peran dalam mengawasi siswa, serta peran dalam mengaktifkan satgas. Kendala-kendala yang dihadapi dalam peran guru adalah Kendala Dalam Penerapan Sanksi, Kendala Dalam Menegakkan Aturan, Kendala Dalam Menerapkan Kedisiplinan Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011