Penulis / NIM
NIRMAWATI MAHARUJU / 221411131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstrak
ABSTRAK
Nirmawati Maharuju . NIM . 221 411 131 " Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Plantet Question Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Mootilango. Skripsi 2015 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2015. Pembimbing I, Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph. D Dan Pembimbing II Hj. Maisara Sunge, SH, MH.
Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas bekajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan melalui metode pembelajaran plantet question. Penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII, dengan jumlah siswa terdiri dari 30 orang yakni 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan dalam setiap pertemuan pada siklus I pada pertemuan pertama nilai rata-rata seluruh siswa mencapai 5. 766 %, pada pertemuan kedua nilai rata-rata seluruh siswa meningkat menjadi 7.433%, sedangkan pada pertemuan ketiga untuk nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 8.600%. Penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan materi pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan dengan menggunakan metode plantet question terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Metode Pembelajaran Plantet Question
Download berkas