Penulis / NIM
ZULKIFLI PONGOLIU / 221411136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifli Pongoliu 2015 NIM : 221411136 " Peran Dinas Pendidikan Dalam Meninggkatkan Kinerja Guru Pada Pembentukan Karakter Siswa Di Smk N1 Boaleom" Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi PPkn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negri Gorontalo, Dibawah Bimbingan Dr. H. Skarman Kamuli, M.Si dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd
Pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang wajib untuk pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan merupakan jawaban untuk membuat manusia menjadi lengkap,sedangkan Karakter adalah sebuah penyakit yang menyelimuti setiap individu yang berpengetahuan atau berilmu tinggi yang ada di bangsa Indonesia saat ini. Dinas pendidikan adalah lembega pemerintah yang menagatur serta mengelola persoalan pendidikan, sehingga untuk meninggkatkan kinerja guru dalam membentuk karakter siswa membutuhkan peran yang besar dari dinas itu sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dinas pendidikan dalam meningkatakan kinerja guru pada pembentukan karakter siswa Di SMK N1 Boalemo.
Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif, sebab dengan menggunakan metode ini peneliti dapat berinteraksi langsung dengan objek penelitian sehingga dapat menjabarkan secara luas terkait dengan apa yang menjadi objek penelitian itu sendiri. Serta adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah yaitu data perimer dan sekunder. Diman data primer adalah data yang di peroleh dari responden langsung dan data sekunder adalah data yang di ambil dari bebrapa literatur seperti buku, jurnal, dan lain lain sebagai pendukung data primer.
Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun peran dinas pendidikan dalam meninggkatkan kinerja guru pada pembentukan karakter siswa Di Smk N 1 Boalemo telah berjalan sesuai dengan prosedur dan perencanaan yang di rencanakan oleh dinas pendidikan yang sesuai dengan visi misi dinas itu sendiri. Namun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh dinas pendidikan dalam meninggkatkan kinerja guru pada pembentukan karakter siswa. Di mana guru belum menerapakan secara toatalitas serta belum memahami pendidkan karakter itu sendiri, diskomunikasi antara sekolah dengan dinas pendidikan dan masih banyak orang tua siswa yang tidak memahami pendidikan karakter itu sendiri.
Berdasarkan hasil pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kandala yang dihadapi oleh dinas pendidikan dalam meninggkatkan kinerja guru pada pembentukan karakter siswa berorientasi pada kurungnya pemahaman pendidikan karakter baik guru maupun orang tua siswa serta kurangnya kerja sama.
Kata Kunci : Peran Dinas, Kinerja Guru, Karakter Siswa
Download berkas