Penulis / NIM
ZAINUDIN T. MAHMUD / 221411145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
ZAINUDIN MAHMUD, 2015 PERGESERAN NILAI ETIKA PADA SISWA
DI SMP NEGERI 1 GORONTALO. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Jusdin Puluhulawa, M.Si selaku Dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Sukarman Kamuli, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana pergeseran nilai etika, faktor-faktor apa yang mempengaruhi pergeseran nilai etika, serta bagaimana upaya untuk mengatasi pergeseran nilai etika pada siswa di SMP Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana pergeseran nilai etika, faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran nilai etika, serta mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi pergeseran nilai etika pada siswa di SMP Negeri 1 Gorontalo. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dalam hal ini penulis menggambarkan kasus dan peristiwa-peristiwa pada berbagai aspek yang muncul di kalangan siswa. Subjek penelitian kelas VII-1 berjumlah 15 orang dan kelas VIII-5 berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran nilai etika pada siswa yaitu faktor lingkungan keuarga, lingkungan masyarakat, siswa itu sendiri, kelompok teman sebaya dan perbedaan stratifikasi sosial. Upaya-upaya untuk mengatasi pergeseran nilai etika pada siswa yaitu penanaman nilai-nilai etika pada siswa melalui kearifan lokal gorontalo, penyuluhan sosial untuk kesadaran bagi siswa dan memberi sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu sebagian besar siswa-siswi di SMP Negeri 1 Gorontalo terjadi pergeseran nilai etika yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan keuarga, lingkungan masyarakat, siswa itu sendiri, kelompok teman sebaya dan perbedaan stratifikasi sosial. Sehinganya diperlukan upaya-upaya untuk mengatasi pergeseran nilai etika pada siswa yaitu penanaman nilai-nilai etika pada siswa melalui kearifan lokal gorontalo, penyuluhan sosial untuk kesadaran bagi siswa dan memberi sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran.
Kata kunci : Nilai, Etika, Siswa
Download berkas