Penulis / NIM
FARHAN ALI / 221411147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Farhan Ali. 221 411 147. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode pembelajaran the
learning celldi kelas x jasa boga pada smk negeri 2 gorontalo.". Skripsi
Program Studi S1 Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Jurusan Ilmu Hukum
Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, di
bimbingan oleh Ibu Asmun Wantu S. Pd, M. Sc dan Ibu Dr. Hj.
Zulaecha Ngiu M. Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan metode pembelajaran the learning cell dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
kewarganegaraan di kelas x jasa boga pada SMK Negeri 2 Gorontalo?
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatakan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran The
Learning Cell dengan materi bela negara pada pelajaran PPKn di
SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PPKn dapat ditingkatkan melalui metode
pembelajaran The learning cell. Pada observasi awal untuk
meningkatan hasil belajar siswa dari 29 orang yang masuk dalam
kategori ketuntasan hanya terdiri dari 11 orang siswa ( 37,93%)
sedangkan selain dari itu, sekitar 18 orang siswa (62,06%) yang tidak
termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada tindakan siklus I
pertemuan ke-1 kriteria baik rata- rata 20 orang atau 68,96%.
Kemudian dilanjutkan pada siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa
yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik yaitu 24 orang (82,2%)
dari 29 orag siswa, kemudian dilanjutkan pada siklus 1 pertemuan ke
tiga jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik itu
sudah 100%. Ternyata hasil yang diperoleh telah sesuai dengan
indikator keberhasilan minimal terjadi peningkatan motivasi belajar
siswa yaitu 29 orang atau 100 % , dengan demikian hipotesis tindakan
yang berbunyi "Jika dalam pembelajaran PPKn guru menggunakan
metode pembelajaran The learning cell, maka hasil belajar siswa kelas
X Jasa BogaSMK N 2 Gorontalo akan meningkat" dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Metode Pembelajaran The Learning Cell
Download berkas