Penulis / NIM
RUDY ROBERT RORIMPANDEI / 221411154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
RUDI R. RORIMPANDEI, 2014, Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata
Pelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Di Kelas VIII
SMP Negeri 1 Taluditi (Pembimbing Dr. Sastro M. Wantu, SH, M.Si and
Roni Lukum, S.Pd, M.Sc).
Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui baik atau tidaknya
penggunaan strategi konstruktivisme meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIII
SMP Negeri 1Taluditi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
diterapkan pada siklus I dan siklus II. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Taluditi tahun akademik. Untuk itu, siswa yang
ditetapkan sebagai obyek penelitian adalah kelas VIII B yang terdiri dari 26 siswa
dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Test dan Observasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi
konstruktivisme dapat meningkatkan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II.
Hasil belajar siswa pada siklus I hanya 30,8% yang tidak mencukupi pada standar
KKM. Jadi peneliti melanjutkan ke siklus II, hasil belajar siswa pada siklus ini
yaitu 92,31% yang menunjukkan pencapaian standar KKM 70. Oleh karena itu
strategi ini terbukti adanya kemajuan aktivitas siswa yang positif mulai dari siklus
I ke siklus II.
Hasil analisis yang dilihat dari strategi konstruktivisme meningkatkan
kreativitas siswa efektif dan penelitian ini memiliki suatu tujuan untuk
mengembangkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mencari
sendiri pertanyaannya guna lebih menekankan pada proses pembelajaran
bagaimana bertatap muka dalam belajar. Dalam penggunaan metode ini, siswa
dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 siswa setiap kelompok dan
memberikan sebuah wacana untuk membuatkan/merumuskan beberapa
pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Mereka
menganalisis dan menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian
membuat ringkasan dan menyampaikannya kepada yang lain dengan memasukkan
ide-ide pokoknya.
Download berkas