Penulis / NIM
RIZAL NUR / 221411158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Rizal Nur. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn
Melalui Model Pembelajaran Groub Investigation (GI) Di Kelas VII SMP
Negeri 2 Wanggarasi. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Ilmu Hukum Dan
Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr.
Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan
model Groub Investigation (GI) minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2
Wanggarasi pada pelajaran PKn akan meningkat? tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PKn melalui model
pembelajaran Group Investigasi (GI) di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi terjadi
peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi setelah
diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi ideologi
negara. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai
mencapai dua siklus karena pada siklus I pertemuan pertama kegiatan
pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI)
belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana
proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada
siklus I pertemuan kedua, maka hasil belajar siswa meningkat, sehingga
penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah.
Kata kunci : Minat Belajar dan Model Group Investigation (GI)
Download berkas