Penulis / NIM
ALWIN MATOKA / 221411159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Alwin Matoka, 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Hak Dan
Kewajiban Warga Negara Dalam Bela Negara Di Kelas IX SMP Negeri 2
Wanggarasi. Pembimbing I, Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc dan pembimbing II
Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian atas
Kriteria Ketuntasan Minimal yang diperoleh oleh siswa kelas IX SMP Negeri 2
Wanggarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa
terhadap materi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara belum
mencapai indikator kinerja. Dari 14 siswa ada 8 orang atau 57,14% yang
memperoleh nilai ketuntasan 65 ke atas dan 6 orang atau 42,86% yang memperoleh
nilai ketuntasan di bawah 65. Sedangkan pada siklus II ada dari 14 siswa, 12 orang
atau 85,75% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 2 orang atau 14,28% yang
memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Dengan melihat capaian tindakan yang
diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan telah mencapai
persentase ideal yaitu antara 80% - 100%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi
pembelajaran kontekstual, kemampuan siswa tentang Hak dan Kewajiban Warga
Negara dalam Bela Negara pada siswa kelas IX SMPN 2 Wanggarasi
meningkat.Dan hipotesis tindakan yang menyatakan "apabila penerapan strategi
pembelajaran kontekstual dapat berjalan efekltif, maka pemahaman siswa akan
meningkat" dapat diterima.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa dan Metode Tanya
Jawab
Download berkas