SKRIPSI

Penulis / NIM
ALWIN MATOKA / 221411159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Alwin Matoka, 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Bela Negara Di Kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Pembimbing I, Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc dan pembimbing II Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal yang diperoleh oleh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa terhadap materi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara belum mencapai indikator kinerja. Dari 14 siswa ada 8 orang atau 57,14% yang memperoleh nilai ketuntasan 65 ke atas dan 6 orang atau 42,86% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Sedangkan pada siklus II ada dari 14 siswa, 12 orang atau 85,75% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 2 orang atau 14,28% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan telah mencapai persentase ideal yaitu antara 80% - 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, kemampuan siswa tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara pada siswa kelas IX SMPN 2 Wanggarasi meningkat.Dan hipotesis tindakan yang menyatakan "apabila penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat berjalan efekltif, maka pemahaman siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa dan Metode Tanya Jawab
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011