Penulis / NIM
SUNARTI HUSAIN ISMAIL / 221411161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
Sunarti Husain Ismail. 2014. "Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII Semester Ganjil SMP
Negeri 2 Wanggarasi Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Norma dan
Implementasinya Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan". Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo,
Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, M.Si dan Pembimbing II Prof. Welly
Pangayow, Ph.D
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa terhadap materi norma dan implementasinya pada bidang studi
PKn di kelas VII SMPN 2 Wanggarasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi norma dan implementasinya
pada bidang studi PKn di kelas VII SMPN 2 Wanggarasi melalui model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2
Wanggarasi. Setiap siklus dilakukan dalam bentuk siklus melalui 4 tahapan yaitu
persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Sedangkan
teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi,
wawancara, dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas belajar siswa terhadap
norma dan implementasinya belum mencapai indikator kinerja. Dari 12 siswa ada 4
orang atau 33,3% yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 65 ke atas dan 8 orang
atau 66,7% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Sedangkan pada
siklus II ada 12 orang atau 100% yang memperoleh nilai minimal 65 ke atas dan 0
orang atau 0% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Dengan
melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator
kinerja.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran problem based learning, kemampuan meningkatkan aktifitas belajar
siswa tentang norma dan implementasinya pada siswa kelas VII SMPN 2
Wanggarasi meningkat.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Norma
Download berkas