Penulis / NIM
RASUNA HUSAIN / 221411162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
Rasuna Husain. NIM. 221411162. 2014. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Norma di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. dan pembimbing II Udin Hamim, SH.,S.Pd.,M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian: apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi norma, hukum dan peraturan di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan kelas siklus I siswa yang hasil belajarnya mendapatkan nilai >70 berjumlah 17 orang atau 57% dan pada tindakan kelas siklus II meningkat lagi menjadi 25 orang atau 84% yang mendapatkan nilai > 70
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang materi norma yang berlaku pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Randangan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download berkas