Penulis / NIM
HENRIK ABDJUL / 221411165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
Henrik Abdjul. Nim.221411165. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick
Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan kelas VIIA SMPN 2 Randangan. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, S.H, M.H dan Ibu
Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc
Judul ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model
pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata
pelajaran PKn kelas VIIA SMP Negeri 2 Randangan.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi berupa kata
tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, Penelitian ini diarahkan
pada individu secara holistik (utuh).
Berdasarkan deskripsi hasil penelitian penulis menyimpulkan pada pre test
rata-rata presentase 75,78% meningkat pada siklus I pertemuan I menjadi 78,94% dan
pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 87,89% sedangkan pada siklus II
pertemuan I mengalami peningkatan sebesar 90,52% dan pada Siklus II pertemuan II
mengalami peningkatan pula sebesar 95,26%.
Kata Kunci: Pembelajaran Talking stick, Motivasi Belajar
Download berkas