Penulis / NIM
IWAN K. PADJI / 221411170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
Iwan K. Padji. Nim. 221411170. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam
Pembelajaran PKn Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan Kecamatan Randangan
Kabupaten Pohuwato Materi Demokrasi Dalam Kehidupan Bersama Melalui Metode
Role Playing. Dengan pembimbing I Bapak Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan
pembimbing II Bapak Roni Lukum, S.Pd, M.Sc. Jurusan Ilmu Hukum Dan
Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu sosial
Universitas Negeri Gorontalo.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa
pada materi demokrasi dalam kehidupan bersama kelas VIIIA SMP Negeri 2
Randagan relatif rendah, siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran, metode
yang digunakan kurang optimal. Judul ini diangkat dengan tujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan.
Bertolak dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa peneliti dapat
ditingkatkan melalui metode role playing (bermain peran), yang ditunjukan dengan
indikator kinerja yang telah ditetapkan, yakni: minimal 75% dari seluruh siswa
memperoleh nilai minimal 65 dengan rincian perolehan sebagai berikut: siklus I
memperoleh 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,4%, dan daya serap siswa
mencapai minimal 75%; dengan rincian sebagai berikut: siklus I mencapai 70% dan
pada siklus II meningkat menjadi 83,3%.
Kata Kunci : Pembelajaran PKn , Role Playing
Download berkas